Jumat, 03 Oktober 2014

Tugas Mata Kuliah Ilmu Budaya Dasar pertemuan 1

Nama : Muhammad Apriyanto
NPM : 17214088
Kelas : 1EA19
Tugas Mata Kuliah : Ilmu Budaya Dasar

Apa yang dimaksud dengan masyarakat & interaksi sosial?
   Masyarakat yaitu sekumpulan manusia yang hidup berdampingan dalam ruang lingkup tertentu, yang memiliki kebutuhan yang sama dan terjadi interaksi didalamnya.
   Sedangkan interaksi sosial adalah bentuk dari proses komunikasi, dimana akan adanya hubungan timbal balik antara yang satu dengan yang lainnya. Interaksi sosial biasa terjadi antar individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok.

Bagaimana sikap anda jika melihat budaya korup yang masih sulit dihilangkan di Indonesia?
   Sampai saat ini memang korupsi masih menjadi budaya yang sulit dihilangkan, semua itu terjadi karena memang kurangnya kesadaran diri dari pelaku akan dampak negative dari korupsi, apalagi jika dilihat dari sisi agama.
   Saya sebagai rakyat biasa ketika melihat kasus korupsi langsung didepan matapun tidak akan bisa berbuat banyak karena memang sudah menjadi budaya, pelakupun terkadang mendapat perlindungan dan dukungan penuh dari rekannya, dan mereka akan bekerja sama untuk saling menyembunyikan/menutupi apa yang telah mereka perbuat.
   Lalu apa yg bisa saya perbuat? Saya rasa pencegahan & pendidikan sedini mungkin yang saat ini haruslah dilakukan.

Manusia dengan berbagai hubungannya :
1. Manusia dengan cinta kasih.
    Manusia sebagai makhluk social tentu tidak akan bisa hidup sendiri, pasti akan membutuhkan orang lain. Bayangkan saja jika kita sebagai manusia hidup secara individu, pasti rasa bosan dan kericuhan dalam kepentingan diri masing-masing akan terjadi, kita akan sibuk dan saling berlomba mencari kepentingan diri sendiri karena menganggap kita hanya hidup sendiri dan tidak mau mengalah satu sama lain.
Oleh karena itu manusia dan cinta kasih kehidupan sangatlah diperlukan. Agar suasana lingkungan kita tinggal terasa nyaman dan menimbulkan kehidupan yang rukun dan damai tanpa adanya perseteruan satu dengan yang lain.

2. Manusia dengan keindahan.
    Manusia dan keindahan memang tidah dapat dipisahkan.
Keindahan dapat mencangkup arti yang luas. Kita sebagai manusia harus menjaga dan melestarikan keindahan, misalkan dalam bidang seni. Kesenian dapat menjadi hiburan dan dapat mencerminkan kebudayaan.

3. Manusia dengan penderitaan.
    Kita semua tahu apa itu penderitaan, bahkan kita semua pernah merasakannya. Penyebab penderitaan juga berbagai macam, seperti datangnya sakit, gagal dalam usaha, perlakuan yang tidak adil, dan tentunya masih banyak yang lainnya.
Allah menciptakan manusia dengan segala cobaan yang harus dihadapi. Tetapi sebagai manusia kita harus tetap semangat dan tidak mudah putus asa, karena dibalik semua penderitaan akan selalu ada jalan keluar, dan setelah semua telah terlewati pastilah akan menjadi sebuah pelajaran yang berharga dimasa yang akan datang.

4. Manusia dengan keadilan.
    Keadilan itu adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban. Dengan kata lain, keadilan yaitu apabila setiap orang memperoleh apa yang menjadi haknya dan setiap orang mendapatkan bagian yang sama.
Dalam kasus dikehidupan sehari-hari masih sangat sering terjadi ketidak adilan dalam perlakuan hukum diindonesia, hukum seakan-akan dapat dibeli dengan mudahnya.

5. Manusia dan pandangan hidup.
    Hubungan manusia dengan pandangan hidup sangat erat kaitannya karena pandangan hidup sangatlah diperlukan untuk menentukan tujuan akan bagaimana hidup kita nanti. Pandangan hidup menjadi tiang besar dalam kehidupan agar kita dapat berfokus pada tujuan hidup.

6. Manusia, tanggung jawab & pengabdian.
    Tanggung jawab sangat erat kaitannya dengan kewajiban. Tanggung jawab berarti keadaan wajib menanggung segala sesuatu yang telah di percayakan/diamanatkan kepada dirinya.
Macam-macam tanggung jawab diantaranya :
     - Tanggung jawab terhadap diri sendiri
     - Tanggung jawab terhadap keluarga
     - Tanggung jawab terhadap masyarakat
     - Tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara
     - Tanggung jawab terhadap Tuhan
Wujud dari pengabdian juga berupa tanggung jawab. Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran dan pendapat sebagai perwujudan kesetiaan, atau suatu kesetiaan yang di lakukan dengan ikhlas. Dengan ini pengabdian dapat dikatakan sebagai perbuatan yang kita lakukan tanpa mengharapkan imbalan, secara suka rela dan ikhlas sepenuh hati, contohnya mengabdi menjadi seorang guru.

7. Manusia dengan kegelisahan.
    Kegelisahan berasal dari kata “gelisah”. Gelisah artinya rasa yang tidak tentram di hati atau merasa selalu khawatir, tidak dapat tenang (tidurnya), tidak sabar lagi (menanti), cemas dan sebagainya. Kegelisahan menggambarkan seseorang yang tidak tentram hati dan perbuatannya. Manusia seringkali tenggelam dalam kegelisahan dengan alasan yang bermacam-macam.

8. Manusia dengan harapan.
    Sebagai manusia hidup didunia pastinya memiliki harapan, harapan yang baik tentunya, dan setiap orang pasti memiliki harapan yang berbeda-beda.
Harapan harus disertai dengan aksi/perbuatan untuk mencapai apa yang ingin dituju. Dengan harapan manusia akan berjuang dan mempertahankan apa yang ingin ia capai. Melalui harapan manusia dapat mengembangkan potensi diri yang akan berguna bagi lingkungan disekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar